Tips Aman Bergaul di Dunia Internet

Tips Aman Bergaul di Dunia Maya Internet - Salah satu tempat yang sangat membantu kita dalam mendapatkan pergaulan bebas yaitu internet, Sosial media seperti Facebook dan Twitter merupakan tempat yang paling banyak di gemari kalangan remaja, pekerja, anak-anak dan lain-lain. Banyak orang menggunakan fasilitas internet sebagai tempat untuk berbagi informasi ke orang lain baik yang belum di kenal maupun sudah dikenal sebelumnya. Tapi di balik semua itu Internet juga sebagai momok perusak jiwa dari Remaja bahkan orang yang sudah berkeluarga, karena internet merupakan tempat yang dimana orang bebas berekspresi, bebas mencari teman dan lain-lain. Inilah yang di manfaatkan sebagian orang untuk mendapatkan hubungan lebih dekat melalui internet.

Tidak sedikit berita di TV maupun Media Massar yang memberitakan tentang terjadinya perselingkuhan, anak hilang, kabur karena media internet. Apakah kita ingin termasuk salah satu dari orang tersebut?? Tentu tidak. bagaimana cara mengatasinya?? Yaa itu tergantung dari diri pribadi masing-masing bagaimana dia menganggap hal tersebut. Disini admin mencoba memberikan beberapa tips agar kita aman bergaul dalam dunia internet khususnya di Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan social media lainnya. Langsung saja di baca ya :

Etss sebelum baca jangan lupa kunjungi juga Tips Memahami Ortu, Hindari Stress belajar dan Tips berprestasi di sekolah



Tips Aman Bergaul di Dunia Internet

Pertama : Cobalah ingat bahwa walaupun kejujuran adalah segala di dunia nyata ini. Tapi di internet belum tentu hal itu terjadi. Cobalah berhati-hati dalam melihat profil seseorang di internet, jangan langsung kenal cobalah untuk menjaga diri terlebih dahulu agar tidak langsung masuk dalam jebakan batman mereka.

Kedua : Data pribadi di internet bukan berarti data pribadi di dunia nyata. Artinya jangan terlalu menyimpulkan data pribadi seseorang di internet karena siapa tau dia mengarangnya, Hal ini sering terjadi banyak wanita yang tertipu dengan hal ini. Jadi waspadalah.

Ketiga : Menutup diri dan jangan terlalu membuka diri terhadap orang yang baru anda kenal, seperti memberikan data pribadi anda seperti no.telp, alamat, dan hal-hal yang menyangkut sifat anda selama anda hidup. Jadi Cobalah tidak terpakuh dengan rayuan gombal orang yang belum anda kenal baik.

Keempat : Cobalah untuk membuka diri anda kepada sahabat ketika anda hendak berkenalan atau bertemu dengan orang yang anda kenal di internet, kalau perlu ajak sahabat anda ikut bersama anda saat pergi kenalan dengan orang tersebut, agar anda merasa aman.

Kelima : Jika ada sesuatu mencurigakan dari seseorang teman anda dari internet, cobalah berdiskusi dengan sahabat anda, siapa tau dia bisa memberikan solusi. Dan saya sarangkan jangan segan-segan menghapus pertemanan orang yang menurut anda mencurigakan.

Keenam : Hapus segala bentuk kiriman-kiriman yang menurut anda menjebak, karena dengan begitu anda memberanikan diri memproteksi diri anda sendiri.

Ketujuh : Sembunyikan identitas asli anda, saat berkenalan di internet, karena identitas adalah hal yang terbaik dalam menjaga privasi.

Kedelapan : Jangan pasang Foto anda yang berbau Fullgar atau porno, karena orang bisa memanfaatkan foto anda untuk menjebak atau mengancam anda dengan foto tersebut dengan cara menyebar luaskan foto itu.

Kesembilan : Jangan muda terpancing dengan chat-chat yang bisa membuat anda emosi, intinya cobalah untuk diam dan jangan terbawah arus negatif

Kesepuluh : Kembali Pada diri sendiri, Faktor lingkungan mempengaruhi Faktor Pergaulan anda juga

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top